Skip to main content

DIKLAT KHUSUS BAGI YANG GAGAL UKA

Uji Kompetensi Awal (UKA) dan PLGP dikomando oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMP-PMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pihak BPSDMP-PMP Kemendikbud telah menandatangani kontrak pelaksanaan PLPG dengan seluruh LPTK (Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan). Ikatan kontrak ini perlu mengingat LPTK adalah pihak yang terlibat teknis dalam pelaksanaan PLPG.

Setelah kontrak kerja ini diteken, selanjutnya seluruh guru peserta PLPG siap untuk dididik dan dilatih. Durasi PLPG ini ditetapkan 90 jam dan akan berlangsung selama sembilan hari. Dalam pelaksanaan PLPG seluruh guru atau peserta tidak dipungut biaya. Selain itu, akan disiapkan di penginapan di masing-masing LPTK. Beberapa kampus negeri sudah ditunjuk LPTK untuk menjalankan PLPG dengan sukses. Misalnya di Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Negeri Surabaya.
Diakhir masa PLPG, akan dilakukan ujian kompentensi akhir. Bagi peserta yang lulus, akan mendapatkan sertifikat pendidik professional dan berhak memperoleh tunjangan profesi pendidik (TPP). Bagi yang belum lulus, harus mengikuti PLPG susulan.
Tidak ada ketentuan kuota jumlah peserta PLPG yang lulus dan mendapatkan sertifikat. Pihak BPSDMP-PMP sudah menetapkan passing grade tertentu untuk kelulusan PLPG.

Sementara bagi calon peserta PLPG yang gagal UKA, Kemendikbud sudah menyiapkan beberapa langkah. Diantaranya, merancang seluruh guru yang tidak lulus UKA akan mengikuti diklat khusus.

Jika guru yang tidak lulus UKA tadi berhasil lulus diklat khusus, maka tahun depan yang bersangkutan tidak perlu ikut UKA kembali. Para guru ini bisa langsung ikut PLPG periode 2013. Sebaliknya bagi yang tidak lulus diklat khusus tahun depan harus ikut UKA lagi sebagai saringan masuk PLPG.

Sumber :  lpmpjateng.go.id

Comments

Popular Posts

Sertifikasi Guru

Sertifikasi adalah sebuah impian Sang Guru seantero nusantara. Betapa tidak, tambahan gaji setelah sertifikasi merupakan anugerah Tuhan untuk kesejahteraan hidup yang lebih baik. Penghargaan cukup layak untuk seorang abdi negara pencetak anak-anak bangsa yang cerdas, yang nantinya menjadi pemimpin, terutama penerus tahta berbagai profesi, seperti dokter, guru, insinyur, pemain bola, artis, komedian, petani, nelayan, tentara, polisi, buruh pabrik, ibu rumah tangga, dan lain sebagainya.      Sang Guru yang mau memasuki sertifikasi harus menempuh perjuangan yang cukup berat dan jalan panjang berliku. Syarat dan ketentuan berlaku bagi Sang Guru Profesional. Memang sudah menjadi peraturan.       Zaman telah berubah Sang Guru ... Lain dulu, lain sekarang. Lain gaji dulu, lain gaji sekarang. Lain peraturan dulu, lain peraturan sekarang. Itu juga berkat anak-anak didikmu Sang Guru yang ternyata memang cerdas-cerdas pola pikirnya.

PENCAIRAN TUNJANGAN PROFESI GURU TAHUN 2013

Pencairan Tunjangan Profesi Guru 2013

Penantianmu Sang Guru.....  Kabar bagus terkait proses pencairan tunjangan profesi guru di tahun 2013 , semoga kabar baik segera bisa terealisasi. Mari kita simak berita Pencairan Tunjangan Profesi 2013.

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengungkapkan, mulai tahun depan dana tunjangan profesi guru yang sebelumnya disalurkan melalui dekonsentrasi akan diambil alih pusat dan penyalurannya langsung ditransfer kepada guru.

"Dana tunjangan guru yang tahun lalu didekonsentrasikan, tahun 2013 ditarik, langsung serahkan kepada guru. Sehingga mengurangi mata rantai penyaluran," kata Mohammad Nuh di Jakarta, Jumat (28/12).

Mengenai adanya tudingan dari FITRA yang menyebut dana profesi guru kerap diendapkan sehingga menguntungkan kalangan birokrat di daerah, Nuh enggan menanggapi. Namun dia memastikan, ke depan penyalurannya akan diawasi secara ketat.

"Saya tidak bermain di wilayah dugaan (diendapkan),…

Update Data Pokok Pendidikan ( DAPODIK ) yang meresahkan

Saat ini dunia pendidikan, terutama para pendidik sedang mengalami keresahan sehubungan dengan adanya pendataan secara online. Akses yang sulit di situs cek data. Bisa akses tetapi ternyata datanya tidak valid alias tidak oke. Hal itu mungkin terjadi karena adanya ribuan data yang masuk baru diterima via aplikasi dan tengah di cek konversi. Jika sudah oke statusnya nanti berubah menjadi berhasil diproses dan tidak ada perubahan. Mari kita simak berita yang mungkin bisa meredakan gejolak keresahan dalam diri Sang Guru.  JAKARTA.     Pengumpulan data pokok pendidikan (da­podik) yang dilakukan secara online oleh pemerintah menimbulkan keresahan baru bagi para guru. Sebab, data tersebut tidak sesuai dengan kondisi riil di lapangan, namun tetap dijadikan dasar pembayaran tunjangan profesi.        ”Sekarang ada tunjangan profesi yang berdasarkan dapodik, tapi sayangnya data itu tidak sesuai dengan fakta. Banyak guru yang mengajar lebih dari 24 tidak terekam. Banyak pula guru yang…