Skip to main content

SK Tunjangan Sertifikasi Guru Segera Terbit

Waktu terus berjalan. Hari berganti hari yang semakin mendekat pergantian bulan. Janji pemerintah yang dinanti. Penantian Sang Guru akan adanya rezeki yang tak kunjung datang juga. Mungkin bukan hanya sang guru, tetapi keluarga juga ikut bersabar menunggu dan terus bertanya : Kapankah akan cair ?
Di beberapa daerah mungkin sudah dicairkan. Tetapi banyak juga yang belum cair ....
     Banyak berita di media massa maupun online prihal pencairan dana sertifikasi tahun 2013 yang akan dilakukan pada bulan April 2013. Namun ternyata banyak kendala yang dihadapi pemerintah pusat untuk segera merealisasikan dana tunjangan tersebut ke guru penerima. Dari pendataan online yang dilakukan banyak guru yang belum ber SK atau belum memenuhi syarat. Padahal secara kenyataan di lapangan seluruh guru yang bersertifikat sudah pasti telah memenuhi syarat jam mengajar sebagai guru dan seharusnya tidak terjadi penundaan  penerimaan SK untuk pencairan tunjangan profesi.
      Sudah zamannya. Era teknologi canggih telah memaksa berbagai pihak, terutama pemerintah pusat untuk membuat jalur akses kemudahan informasi bagi seluruh masyarakat. Keakuratan data pokok pendidikan di seluruh Indonesia yang sangat luas sudah mutlak diperlukan tetapi membutuhkan proses. Terkadang mungkin para insinyur yang menangani menemui problem dan harus kerja ekstra keras untuk perbaikan. Para pengakses sendiri seringkali mengalami problem loading  atau error. Mungkin sinyalnya tidak ada atau pulsa modemnya habis atau hal lainnya yang menimbulkan tanda tanya. 
     Pendataan online yang dilakukan sekarang mungkin berbeda dengan pendataan secara manual yang simpel dan minim problem loading. Pendataan online untuk tunjangan sertifikasi sudah berlaku bagi guru jenjang pendidikan dasar. Sedang untuk jenjang menengah masih manual.
      Pada dasarnya, pendataan online ini suatu hal yang sangat positif untuk ke arah yang lebih baik. Data pokok pendidikan di Indonesia akan terpantau dengan baik, sehingga sasaran segala pembiayaan di bidang pendidikan akan lebih tepat. Akan tetapi, banyak yang berharap, hendaknya jangan hanya gara-gara belum validnya data guru di pendataan online menimbulkan keterlambatan penerbitan SK untuk pencairan tunjangan profesi guru di jenjang dikdas.
***Tetaplah update data. Silahkan cek data di P2TK Dikdas. Semoga lancar.
Kalaupun pencairannya tidak bulan sekarang yang telah direncanakan, masih ada pekan bulan berikutnya.
Rezeki sudah ada yang mengatur, walau jalannya berkelok-kelok.

Comments

Popular Posts

Sertifikasi Guru

Sertifikasi adalah sebuah impian Sang Guru seantero nusantara. Betapa tidak, tambahan gaji setelah sertifikasi merupakan anugerah Tuhan untuk kesejahteraan hidup yang lebih baik. Penghargaan cukup layak untuk seorang abdi negara pencetak anak-anak bangsa yang cerdas, yang nantinya menjadi pemimpin, terutama penerus tahta berbagai profesi, seperti dokter, guru, insinyur, pemain bola, artis, komedian, petani, nelayan, tentara, polisi, buruh pabrik, ibu rumah tangga, dan lain sebagainya.      Sang Guru yang mau memasuki sertifikasi harus menempuh perjuangan yang cukup berat dan jalan panjang berliku. Syarat dan ketentuan berlaku bagi Sang Guru Profesional. Memang sudah menjadi peraturan.       Zaman telah berubah Sang Guru ... Lain dulu, lain sekarang. Lain gaji dulu, lain gaji sekarang. Lain peraturan dulu, lain peraturan sekarang. Itu juga berkat anak-anak didikmu Sang Guru yang ternyata memang cerdas-cerdas pola pikirnya.

PENCAIRAN TUNJANGAN PROFESI GURU TAHUN 2013

Pencairan Tunjangan Profesi Guru 2013

Penantianmu Sang Guru.....  Kabar bagus terkait proses pencairan tunjangan profesi guru di tahun 2013 , semoga kabar baik segera bisa terealisasi. Mari kita simak berita Pencairan Tunjangan Profesi 2013.

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengungkapkan, mulai tahun depan dana tunjangan profesi guru yang sebelumnya disalurkan melalui dekonsentrasi akan diambil alih pusat dan penyalurannya langsung ditransfer kepada guru.

"Dana tunjangan guru yang tahun lalu didekonsentrasikan, tahun 2013 ditarik, langsung serahkan kepada guru. Sehingga mengurangi mata rantai penyaluran," kata Mohammad Nuh di Jakarta, Jumat (28/12).

Mengenai adanya tudingan dari FITRA yang menyebut dana profesi guru kerap diendapkan sehingga menguntungkan kalangan birokrat di daerah, Nuh enggan menanggapi. Namun dia memastikan, ke depan penyalurannya akan diawasi secara ketat.

"Saya tidak bermain di wilayah dugaan (diendapkan),…

Update Data Pokok Pendidikan ( DAPODIK ) yang meresahkan

Saat ini dunia pendidikan, terutama para pendidik sedang mengalami keresahan sehubungan dengan adanya pendataan secara online. Akses yang sulit di situs cek data. Bisa akses tetapi ternyata datanya tidak valid alias tidak oke. Hal itu mungkin terjadi karena adanya ribuan data yang masuk baru diterima via aplikasi dan tengah di cek konversi. Jika sudah oke statusnya nanti berubah menjadi berhasil diproses dan tidak ada perubahan. Mari kita simak berita yang mungkin bisa meredakan gejolak keresahan dalam diri Sang Guru.  JAKARTA.     Pengumpulan data pokok pendidikan (da­podik) yang dilakukan secara online oleh pemerintah menimbulkan keresahan baru bagi para guru. Sebab, data tersebut tidak sesuai dengan kondisi riil di lapangan, namun tetap dijadikan dasar pembayaran tunjangan profesi.        ”Sekarang ada tunjangan profesi yang berdasarkan dapodik, tapi sayangnya data itu tidak sesuai dengan fakta. Banyak guru yang mengajar lebih dari 24 tidak terekam. Banyak pula guru yang…